Secara terminologis, dasar negara merupakan landasan serta sumber membentuk dan menyelenggarakan sistem negara.


Place your order now for a similar assignment and have exceptional work written by our team of experts, At affordable rates

For This or a Similar Paper Click To Order Now

Secara terminologis, dasar negara merupakan landasan serta sumber membentuk dan menyelenggarakan sistem negara. Dasar negara diartikan juga sebagai sumber dari segala sumber hukum negara. Pancasila sebagai dasar negara bermakna bahwa nilai-nilai Pancasila digunakan sebagai penyelenggaraan sistem negara. Prof. Koento Wibisono Siswomiharjo (dalam Sulaiman, 2016: 10) menerangkan perlunya peletakan Pancasila sebagai dasar negara. Pancasila sebagai dasar negara bermakna bahwa Pancasila perlu ditempatkan dalam keutuhannya dengan Pembukaan Undang-undang dasar 1945, yang diteliti pada dimensi yang melekat pada Pancasila, yakni: (1) dimensi realitasnya; (2) dimensi idealitasnya; dan (3) dimensi fleksibilitasnya.
Di Indonesia, Pancasila merupakan dasar negara serta falsafah bangsa. Syarbaini (dalam Sulaiman, 2016: 1) menerangkan nilai-nilai Pancasila merupakan falsafah hidup yang berkembang dalam sosial-budaya Indonesia. Nilai-nilai Pancasila diyakini sebagai jiwa serta kepribadian bangsa dan menjiwai watak kepribadian bangsa.
Pancasila sebagai dasar negara mengandung arti bahwa Pancasila adalah sumber dari segala nilai, norma, dan aturan hukum dan peraturan yang berlaku dan ditegakkan di Indonesia. Artinya peraturan perundang-undangan yang berlaku harus berdasarkan Pancasila. Baik tertulis (UUD) maupun tidak tertulis (adat).
Sebagai dasar negara, Pancasila memiliki kekuatan hukum untuk menahan semua warga negara. Yang dimaksud dengan mengikat adalah segala peraturan dan ketentuan yang berkaitan dengan pembuatan peraturan perundang-undangan berdasarkan Pancasila bersifat mengikat dan wajib.
Dengan kata lain, Indonesia seharusnya tidak memiliki satu peraturan atau undang-undang yang bertentangan dengan Pancasila. Pancasila memiliki nilai-nilai yang terkandung di dalamnya mulai dari nilai ketuhanan, nilai kemanusian, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan. Nilai-nilai tersebut harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu dalam pergaulan sesama manusia maupun dengan mengelola lingkunngan hidup.
Pancasila sebagai Ideologi negara Indonesia bermakna bahwa Pancasila adalah gagasan yang berkenaan langsung dengan kehidupan negara. Ciri khas dari ideologi Pancasila yaitu cita-cita dan nilainya tidak dipaksakan dari pengaruh luar, tidak juga diciptakan oleh negara, melainkan berasal dari kekayaan moral, budaya, dan rohani masyarakatnya.
Dengan ini, Pancasila juga sebagai ideologi yang terbuka. Sebagai ideologi negara Indonesia, Pancasila merupakan gagasan cita-cita bangsa. Pelaksanaan gagasan dan cita-cita bangsa tersebut haruslah berdasarkan nilai-nilai Pancasila secara utuh dan universal. Dalam konteks ideologi, Pancasila dapat diartikan dengan sistem kehidupan nasional, yang meliputi aspek ekonomi, sosial-budaya, politik, pertahanan dan keamanan untuk mencapai cita-cita bangsa berdasarkan dasar negara.

For This or a Similar Paper Click To Order Now


Leave a Reply