Penyimpangan atau pelanggaran bisa disebut sebagai ′nilai rangsangan′.


Place your order now for a similar assignment and have exceptional work written by our team of experts, At affordable rates

For This or a Similar Paper Click To Order Now

Teori ini menyatakan bahwa orang memiliki harapan mengenai perilaku nonverbal orang lain yang melakukan hubungan interpersonal dengan dirinya. Burgoon memberikan argumen bahwa perubahan tak terduga yang terjadi dalam perbincangan antara komunikator dengan komunikan dapat menimbulkan suatu perasaan yang tidak nyaman atau bahkan rasa marah dan seringkali ambigu. Dalam hal ini harapan yang dimaksud mengarah pada prediksi atau dugaan.
Tim Levine dan koleganya (2000) menyatakan, bahwa harapan yang dimiliki oleh komunikan dapat berasal dari norma-norma sosial, stereotip, rumor, dan sifat idiosinkratik dari komunikator.
Di dalam Teori Pelanggaran Harapan penyimpangan harapan memiliki konsekuensi. Penyimpangan atau pelanggaran bisa disebut sebagai ′nilai rangsangan′. Maksudnya adalah ketika harapan seseorang dilanggar, minat atau perhatian orang tersebut akan dirangsang, Hal ini akan mengakibatkan orang tersebut menggunakan mekanisme tertentu untuk menghadapi pelanggaran yang terjadi. Ketika rangsangan terjadi, maka minat atau perhatian seseorang terhadap penyimpangan akan meningkat dan perhatian terhadap pesan akan berkurang sementara perhatian pada sumber rangsangan akan lebih dominan.
Jenis rangsangan terhadap seseorang, antara lain:
•Rangsangan Kognitif
Rangsangan Kognitif merupakan kesiagaan atau orientasi terhadap pelanggaran. Ketika seseorang terangsang secara kognitif, maka indera intuitif orang tersebut akan meningkat.
•Rangsangan Fisik
Rangsangan Fisik mencakup perilaku-perilaku yang digunakan komunikator dalam sebuah interaksi, seperti keluar dari jarak pembicaraan yang membuat tidak nyaman, menyesuaikan pandangan selama interaksi berlangsung, dan lain-lain.
Important Info

The order was placed through a short procedure (customer skipped some order details).
Please clarify some paper details before starting to work on the order.

Type of paper and subject
Number of sources and formatting style
Type of service (writing, rewriting, etc)

For This or a Similar Paper Click To Order Now


Leave a Reply