Absktrak Sala satu pengaruh yang dihadapi masyarakat di pulau madura adalah perm


Place your order now for a similar assignment and have exceptional work written by our team of experts, At affordable rates

For This or a Similar Paper Click To Order Now

Absktrak
Sala satu pengaruh yang dihadapi masyarakat di pulau madura adalah permasalahan sampah rumah tangga. Masalah sampah rumah tangga ini tentunya dapat menjadi tempat berkembang biaknya serangga dan tikus, sumber pencemaran dan pencemaran tanah, air , dan udara, sumber dan tempat hidup kuman penyakit yang membahayakan kesehatan, gagguan dan berdampak pada kesehatan. Resiko banjir berpengalaman di desa. Tujuan dari kegiatan pengabdiyan masyarakat ini memberikan pelatihan kepada masyarakat melalui pengelolaan sampah rumah tangga dengan konsep 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Kegiatan pelatihan pengelolaan sampah juga diharapkan dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga melalui pemanfaatan sampah sampah yang dimanfaatkan kembali menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi. Dewasa ini banyak sekali fenomena alam memperhatikan yang terjadi pada lingkungan kita, Indonesia khususnya di pulau Madura. Pulau memiliki banyak sekali wisata yang patut dijaga kelestariannya. Di surabaya terdapat suatu komonitas proyek daur ulang sampah yang mampu mengubah bentuk (trasnformasi) atau barang bekas menjadi barang yang fungsional. Madura jugak membutuhkan komonitas proyek daur ulang yang dapat mendaur ulang sampah pelastik menjadi suatu benda yang mengandung unsur nilai budaya serta memiliki nilai jual yang mendukung kelestarian ekonomi dan lingkungan. satu enovasi madura daur ulang limbah berhasil diciptakan. Bisa mengolah limbah plastik menjadi papan plastik. Papan tersebut diaplikasikan dalam bentuk meja, dan kursi taman, bahan baku yang digunakan adalah limbah HDPE (High-densty polyethylene) yang di aplikasikan menjadi papan untuk kebutuhan mebeler.limbah tersebut diperoleh dengan cara membeli dari pelapak seharga Rp.8000 perkelo gram, ada yang mencari bekas-bekas minoman perupah air gelasan tetapi hanya sedikit seperti orang yang sudah gak mampu bekerja alias (sepuh/Tua)yang memanfaatkan/atau menjual limbah(sampah).ini sala satu solusi pemanfaatan kembali sampah rumah tangga yang mengembalikan sampah kepada nelai ekonomo.ini contoh konkrit mengenai salasatu pemanfaatan kembali sampah menjadi produk bernilai tambahan, dan juga bisa jadi tambahan biaya hidup.
Kata Kunci: daur ulang limbah rumah tangga terhadap mutu perkembangan perekonomian di pulau madura
Absktrak
One of the influences faced by the people on the island of Madura is the problem of household waste. This household waste problem can certainly become a breeding ground for insects and rats, a source of contamination and pollution of soil, water and air, a source and place for germs to live that endanger health, disorders and have an impact on health. Experienced flood risk in the village. The purpose of this community service activity is to provide training to the community through household waste management with the 3R concept (Reuse, Reduce, Recycle). Waste management training activities are also expected to be able to assist the community in increasing family economic income through the utilization of waste which is reused into goods that have economic value. Today there are lots of natural phenomena that are happening to our environment, Indonesia, especially on the island of Madura. The island has a lot of tours that should be preserved. In Surabaya, there is a waste recycling project community that is able to change the shape (transformation) of used goods into functional goods. Madura also needs a recycling project community that can recycle plastic waste into an object that contains elements of cultural value and has a selling value that supports economic and environmental sustainability. one waste recycling madura innovation was successfully created. Can process plastic waste into plastic boards. The boards are applied in the form of garden tables and chairs, the raw material used is HDPE (High-densty polyethylene) waste which is applied to become boards for furniture needs. This waste is obtained by buying from pelapak for Rp. used drinking water for glass workers but only a few like people who are no longer able to work alias (elderly/old) who use/or sell waste (garbage). this is one solution to reusing household waste which returns waste to economic value. this a concrete example of one of the ways to reuse waste into products of added value, and can also be an additional cost of living.
Keywords: Recycling quality household waste to economic development on Madura Island

PENDAHULUAN

Daur ulang limbah adalah mengelola dan memanfaatkan barang bekas disekitar kita baik untuk membuka lapangan kerja baru sehingga dapat memperbaiki perekonomian dipulau madura maupun menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan disekitar. Program daur ulang limbah seharusnya sudah merata diseluru daerah indonesia karena mengingat pentingnya program ini terhadap kebersihan maupun terhadap perekonomian masyarakat. Namun, program ini belum sepenuhnya diterapkan dan merata untuk masyarakat, terlihat dari masih banyaknya limbah/sampah yang merajalela. Sampah yang dibuang sembarangan dapat menjadikan lingkungan disekitar kita kurang bersih dan jugak dapat menyumbat saluran air. Selain itu, jugak dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Hal ini karena sampah anorganik tidak dapat teruraikan secara baik. Selain itu belum sepenuhnya program ini diterapkan juga terlihat dari kurangnya wadah yang memadai untuk menampung program ini.
Menciptakan sesuatu yang mempuanyai nilai tambah bisa brmula dari SDA (Sumber Daya Alam) yang dimiliki oleh sebuah wilayah yang jika dimanfaatkan akan menjadi sesuatu produk yang bernilai namun jika dikelola dengan baik maka akan menghasilkan sebuah produk kerajinan yang menarik dan masih banyak lagi hal yang bisa dijadikan sesuatu yang menjadi nilai tambah.
Pada dasarnya setiap orang menghasilkan sampah, sehingga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sampah merupakan masalah yang perlu mendapat perhatian. Permasalahan yang dihadapi seringkali didominasi oleh wilaya perkotaan yang memiliki keterbatasan lahan untuk TPA sehingga volume sampah semakin meningkat. Sampah di pedesaan tidak kalah pentingnya, karena kesadaran masyarakat akan kebersihan dan kebiasaan membuang samoah sembarangan merupakan budaya yang sudah menjadi budaya yang mengakar.
Undang-undang Nomer 18 Tahun 2008 menetapkan bahwa sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. Pengelolaan sampah yang kurang baik dan tidak memadai dapat menimbulkan berbagai kerugian, antara lain: menimbulkan bau tidak sedap,merusak keindahan, menimbulkan banjir, meningkatkatkan pemanasan global, memburuknya kebersihan lingkungan dan meningkatkan risiko berbagai jenis pelastik.
Sampah dan pengelolaanya merupakan masalah yang semakin mendesak di kota maupun di desa di indonesia karena, jika tidak dikelolah dengan dengan baik, keseimbangan lingkungan akan berubah secara negatif atau tidak terduga, sehingga mencemari lingkungan di darat, air dan udara. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah pencemaran perlu dilakukan dengan pengelolaan dan pengendalian sampah.
Manfaat lain bagi perekonomian dari mendaur ulang sampah adalah menambah penghasilan. Produksi daur ulang baik dalam skala kecil maupun besar memiliki potensi menjadi bahan yang bernilai. Harga dari suatu barang yang didaur ulang maka dapat menambah uang disamping pekerjaan pokok yang biasanya dikerjakan.
PEMBAHASAN
Pengaruh Daur Ulang Limba Terhadap Lingkungan Hidup
Di antaranya adalah: Melestarikan sumber daya alam. Daur ulang plastik dapat mengurangi produksi plastik perawan, sehingga penggunaan minyak bumi untuk produksinya juga berkurang. Mengurangi emisi karbon.
Pertumbuhan penduduk serta perkembangan industrialisasi menyebabkan peningkatan jumlah sampah yang dihasilkan. Permasalahan utama dalam pengelolaan sampah adalah keterbatasan lahan untuk tempat pembuangan akhir sampah (TPA). Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA agar memperpanjang umur TPA, dengan melakukan praktek 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) yang dilakukan oleh masyarakat.
Dalam mendukung program 3R, pemerintah bekerjasama dan juga mendukung tumbuhnya industri daur ulang serta pasar bagi produk daur ulang. Dalam hubungannya dengan sektor industri, Pemerintah berperan terhadap terselenggaranya mekaniseme pengangkutan dan manajemen sampah untuk didaur ulang, pelaksanaan kebijakan oleh pemerintah daerah, serta membuat kebijakan yang jelas kaitannya dengan support pendanaan.
Industri daur ulang berperan terhadapinivasi teknologi dan infrastruktur yang berwawasan lingkungan. Pasar Produk Daur Ulang berperan dalam melakukan evaluasi secara ekonomi dan mengembangkan daur ulang yang murah dan berwawasan lingkungan, memperbaiki permintaan dan penawaran untuk meningkatkan pasar bagi produk daur ulang.
Pengaruh Daur Ulang Terhadap Perekonomean
Daur ulang dapat secara signifikan mengurangi emisi gas rumah kaca. Ini dapat menghemat sumber daya yang tidak dapat digunakan kembali serta air dan ruang TPA, dan yang terpenting dapat menghemat energi. Jadi, daur ulang mengurangi emisi, menghemat energi, dan mengurangi polusi.
Manfaat Daur Ulang Limbah Rumah Tangga
Tiga kata yang umumnya diasosiasikan dengan daur ulang adalah Reduce, Reuse, dan Recycle. Sebenarnya, daur ulang memiliki banyak manfaat dirimu dirimu dan lingkungan. Sahabat Fimela dapat menghasilkan uang dan juga membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan melalui daur ulang.

Sampah Meningkatkan Perekonomian Rakyat
Kecil.
Ketika kita membuat sampah dan membuangnya ke tempat pembuangan sampah, kita tidak hanya mengisi tanah, tetapi juga mencemari udara dan tanah. Gas berbahaya dan bahan kimia beracun diproduksi yang dilepaskan ke atmosfer serta meresap ke dalam tanah. Dengan mengurangi volume sampah yang kita hasilkan, kita juga bisa mengurangi jumlah polusi yang dikeluarkan. Kita dapat mengurangi limbah dengan membawa tas belanja yang dapat digunakan kembali ke toko, memilih produk dengan jumlah kemasan paling sedikit, memperbaiki barang daripada menggantinya dan meminimalkan produk sekali pakai yang kita gunakan.
Jika kita bisa memisahkan dan mendaur ulang sampah ini, kita bisa dengan mudah mengambil manfaat darinya. Di bawah ini kita akan membahas lima manfaat daur ulang dan penggunaan bahan daur ulang.
1. Menghasilkan Uang
Salah satu manfaat utama dari daur ulang adalah pendapatan finansial. Kita semua dapat menemukan beberapa barang tergeletak di sekitar rumah kita yang dapat didaur ulang dan menghasilkan uang darinya. Beberapa barang tersebut adalah furnitur lama, telepon lama, kabel, furnitur logam, kaleng aluminium, wadah logam, pakaian lama, peralatan listrik, dan banyak lagi.
2. Menghemat Sumber Daya
Membuang benda-benda di tempat sampah dapat meningkatkan tekanan pada penambangan bahan baku baru. Ini juga membuang energi seperti bahan bakar dan biaya lain yang terkait dengan penambangan. Mendaur ulang kaleng aluminium, baja, tembaga, dan logam mahal lainnya dapat menghemat uang gas dan biaya penambangan yang mahal, serta m enghemat sumber daya yang berharga.
3. Manfaat Lingkungan
Daur ulang dapat secara signifikan mengurangi emisi gas rumah kaca. Ini dapat menghemat sumber daya yang tidak dapat digunakan kembali serta air dan ruang TPA, dan yang terpenting dapat menghemat energi. Jadi, daur ulang mengurangi emisi, menghemat energi, dan mengurangi polusi.
4. Ciptakan Lebih Banyak Pekerjaan dan Ekonomi yang Lebih Kuat
Ide daur ulang semakin populer di kalangan individu dan perusahaan lebih dari sebelumnya karena alasan ekonomi dan lingkungan, dan pekerjaan di industri daur ulang sedang booming.
5. Daur Ulang Membangun Ekonomi yang Lebih Kuat
Dilakukan dalam skala besar, daur ulang dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi ketika dirimu mempertimbangkan untuk menciptakan lapangan kerja, melestarikan bahan baku, menggunakan kembali bahan limbah, dan mengurangi biaya energi serta manfaat lingkungan.
Daur ulang adalah pilihan dan cara hidup. Ini adalah salah satu kebiasaan yang membantumu menghasilkan uang sambil membantu melestarikan lingkungan. Setelah dirimu membuat pilihan itu, dirimu dapat mulai mengambil langkah-langkah menuju daur ulang, penggunaan kembali, dan pengurangan limbah dalam kehidupan sehari-hari secara alami. Setiap energi dan setiap sumber daya yang dirimu hemat bertambah, dan dirimu bisa membuat perbedaan.
Pengolahan Limbah Pelastik
Saat ini plastik merupakan
material yang begitu akrab dalam kehidupan manusia. Dengan kemajuan
teknologi, aktivitas produksi plastik
terus meningkat. Hampir setiap produk
menggunakan plastik sebagai kemasan
atau bahan dasar. Material plastik
banyak digunakan karena memiliki
kelebihan dalam sifatnya yang ringan, transparan, tahan air, serta harganya
relatif murah dan terjangkau oleh
semua kalangan masyarakat.
Dengan keunggulannya ini
membuat plastik digemari dan banyak digunakan dalam hampir setiap aspek kehidupan manusia. Akibatnya jumlah produk plastik yang akan menjadi sampah pun terus bertambah. Limbah plastik yang umum ditemukan di tempat pembuangan sampah antara lain botol minuman.
Oleh karena itu diperlukannya
suatu solusi tepat yang bukan hanya mengurangi penggunaan limbah plastik karena selama masih diijinkan untuk digunakan maka plastik itu akan terus ada dan bertambah. Limbah botol plastik yang menumpuk di TPA dapat menjadi peluang dan jika diolah dengan benar dapat menjadi sumber daya.
Pengembangan proses pengolahan botol plastik dilakukan melaui eksperimentasi untuk membuka peluang pemanfaatan botol plastik dengan penerapan teknologi sederhana, murah, dan nyata. Eksperimen juga mencakup eksplorasi sifat dan karakteristik botol plastik yang unik untuk diaplikasikan menjadi produk bernilai tinggi sehingga dapat menaikkan nilai dari limbah botol plastik tersebut.
Beberapa cara pengolahan limbah botol.
plastik secara umum, yaitu sebagai berikut :
a) Lampu hias dari botol plastik
Setelah diminum biasanya botol plastik
b) kemasan di buang begitu saja di tempat
sampah. Padahal jika kamu sedikit
kreatif, bisa memanfaatkan botol
plastik tersebut sebagai lampu hias
yang unik. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu meremas bagian badan botol dan memutarnya.
Kemudian pasang lampu let kecil di dalamnya, dan nikmati keindahan cahaya yang terpancar dari dalam botol.
b) Bunga Hias dari Botol Plastik.

Foro kerajinan tangan dari bekas minimun
Dapat menghias ruangan rumah agar
tampil lebih berwarna! kita bisa
memanfaatkan botol ataupun gelas
plastik untuk dibentuk menyerupai
bunga. Setelah itu jangan lupa
diberikan warna favorit agar terlihat
lebih menarik, atau kita bisa memiliki menggunakan limbah botol plastik
yang berwarna.
c) Tempat pencil, vas bunga dan tempat koran dari botol plastik.
Dapat menghias ruangan rumah agar
tampil lebih berwarna! kita bisa
memanfaatkan botol ataupun gelas
plastik untuk dibentuk menyerupai
bunga. Setelah itu jangan lupa
diberikan warna favorit agar terlihat
lebih menarik, atau kita bisa memiliki
menggunakan limbah botol plastik yang berwarna.
c) Tempat pencil, vas bunga dan tempat koran dari botol plastik
Tanpa disadari limbah botol plastik
merupakan benda yang unik, kita bisa
membuat berbagai kreasi dengan benda ini. Dengan hanya memotong bagian atasnya kemudian merapikan bekas potongannya kita bisa menjadikan botol tersebut sebagai tempat pensil, vas bunga, tempat lilin dan tempat koran.
d) Gapura dan pagar dari sususnan botol.
plastic.Selain bisa dibuat kerajinan tangan,
botol bekas juga bisa dimanfaatkan
sebagai gapura dan pagar rumah. Saat 17 agustus 2017 kemarin, ketika
Indonesia memperingati HUT
kemerdekaannya banyak sekali
terpampang gapura dan hiasan yang
disematkan di lorong-lorong baik
perkampungan maupun perkotaan yang memanfaatkan limbah botol plastik yang disusun dan di desain sedemikian ruapa hingga menjadi karya yang cukup bernilei.
Important Info

The order was placed through a short procedure (customer skipped some order details).
Please clarify some paper details before starting to work on the order.

Type of paper and subject
Number of sources and formatting style
Type of service (writing, rewriting, etc)

For This or a Similar Paper Click To Order Now


Leave a Reply